Rabu, 12 Januari 2011

Teknologi Informasi dan Komputer

Teknologi Informasi dan Komputer
Pekerjaan kita sehari-hari seringkali berhubungan dengan teknologi informasi. Bahkan di zaman modern sekarang ini manusia cenderung bergantung dengan teknologi informasi.
Berikut ini beberapa definisi mengenai pengertian Teknologi Informasi :
1.menurut Haag dan Keen (1996) : teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.Menurut martin (1999) : teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
3.menurut Willams dan Sawyer (2003) : teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Diberbagai bidang kehidupan teknologi informasi semakin memegang peranan yang penting, dunia pendidikan, usaha, perkantoran, kesehatan dan perbankan tidak bisa di pisahkan dengan ilmu teknologi informasi dan komputer. Dengan komputer dan teknologi informasi, orang dapat dengan mudah mengakses informasi secara cepat dan efisien.
Penerapan teknologi informasi dan komputer dalam kehidupan.
1. Penerapan Teknologi Informasi dan komputer dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komputer banyak digunakan para pengusaha. Efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pengusaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.
2. Penerapan Teknologi Informasi dan Komputer dalam dunia usaha atau bisnis.
Teknologi informasi dan komputer semakin memudahkan para pebisnis dalam menjalankan usahanya. Baik untuk mempromosikan usaha bisnisnya ataupun untuk bertransaksi.
Teknologi Informasi dan Komputer dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Dengan adanya internet para pelaku perdagangan bisa melakukan transaksi perdagangan secara online tanpa di batasi oleh waktu dan jarak.
3. Penerapan Teknologi Informasi dan Komputer dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komputer adalah diterapkannya transaksi perbankan melalui internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
4. . Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Anda tentu sudah merasakan manfaat teknologi informasi dan komputer di perbankan.
Kita pernah mendengar mengenai istilah internet banking, itu adalah salah satu teknologi informasi yang digunakan dalam dunia perbankan. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
5. Penerapan teknologi Informasi dan Komputer dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan sejalan dengan berkembangnya secara pesat ilmu teknologi dan informasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar: