Rabu, 12 Januari 2011

Jaringan Komputer

I. Pengertian jaringan
Jaringan komputer {computer network) atau sering disingkat jaringan saja adalah hubungan antara dua atau lebih komputer dengan tujuan untuk melakukan pertukaran data untuk bagi pakai perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan,
II. Manfaat penggunaan jaringan komputer
A. Berbagi perangkat keras
Perangkat keras seperti hard disk, printer,CD-ROM drive, dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.
B. Berbagi program atau data
Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (yang melayani komputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program).
C. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringan komputer,komunikasi dapat dilakukan lebih cepat.Para pemakai komputer dapat mengirimkan surat elektronis dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan {chatting) ataupun telekonferensi.
D.Memudahkan pengaksesan informasi
Jaringan komputer memudahkan pengaksesan informasi.Seseorang dapat bepergian kemana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringan terbesar di dunia.Memungkin segala informasi yang ada di dunia ini dapat dengan mudah didapatkan. Siapapun dapat membaca berita tentang hari ini,bahkan penawaran barang

Tidak ada komentar: